Update Informasi Terkini Fakultas Hukum UNIMAL

WORKSHOP PENDAMPINGAN PENULISAN JURNAL INTERNASIONAL BEREPUTASI KERJASAMA FH UNIMAL DENGAN FUU UKM

Workshop Pendampingan Penulisan Jurnal Internasional Bereputasi kerjasama Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh (FH Unimal) dengan Fakulti Undang-Undang Universiti Kebangsaan Malaysia (FUU UKM) telah diselenggarakan di Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, Kampus Bukit Indah, pada hari Senin-Selasa, 5-6 November 2018. Workshop yang dibekali oleh Prof. Zinatul Ashiqin Zainol dan Dr. Helmi Muhamad Said sebagai narasumber diikuti oleh para dosen FH Unimal dan dihadiri oleh Rektor Unimal Prof. Dr. Apridar, Pembantu Rektor IV Dr. Juli Mursyida, serta Kepala LPPM Unimal Yulius Darma, S.Ag., MSi.

Rektor Unimal, Prof. Dr. Apridar dalam sambutannya menyatakan dukungan yang sebesar-besarnya atas inisiasi kegiatan workshop dan rencana penelitian bersama (collaborating research) sebagai tindaklanjut perjanjian kerjasama (Memorandum of Agreement) antara Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh (FH Unimal) dengan Fakulti Undang-Undang Universiti Kebangsaan Malaysia (FUU UKM). Menurutnya, Aceh memiliki kearifan lokal yang bersumber dari ajaran Islam. Dosen FH Unimal perlu meneliti dan mempublikasikan artikel ilmiahnya dalam jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi/terindeks scopus.

Pada kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Hukum Unimal, Prof. Dr. Jamaluddin menyatakan, kegiatan workshop merupakan salah satu bagian dari kegiatan perjanjian kerjasama (Memorandum of Agreement) antara Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh (FH Unimal) dengan Fakulti Undang-Undang Universiti Kebangsaan Malaysia (FUU UKM). Ia mengharapkan dosen FH Unimal mengikuti dengan serius workshop tersebut, sehingga dapat meningkatkan pemahaman dalam penulisan artikel jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi/terindeks scopus.

Workshop tersebut pada hari pertama, terdiri atas agenda pembukaan (ceremony), dilanjutkan dengan penyampaian materi Strategies to Publish in Reputable Law Indexed Journals: UKM Experience oleh Prof. Zinatul Ashiqin dan materi Empirical Research in Law oleh Dr. Helmi Muhamad Said. Pembahasan rencana pelaksanaan penelitian bersama (collaborating research). Pada kesempatan tersebut dosen FH Unimal mengajukan tiga rencana penelitian hukum yang bersifat studi komparatif antara Indonesia dengan Malaysia. Dekan FH Unimal dan Dekan FUU UKM bersepakat tindaklanjut kegiatan workshop di Malaysia dan penelitian bersama akan dilaksanakan mulai tahun 2019.

Pada hari pertama juga dilaksanakan kegiatan pengenalan program pascasarjana di FUU UKM yang diikuti oleh 40 orang mahasiswa FH Unimal semester akhir dan sharing pengelolaan administrasi fakulti oleh Cek Muhammad dan cek Syafiq bersama tenaga administrasi dan kependidikan FH Unimal. Workshop pada hari kedua, dilanjutkan agenda bedah artikel dosen FH Unimal dan review yang disampaikan oleh Prof. Zinatul Ashiqin dan Dr. Helmi Muhamad. (TN)