Update Informasi Terkini Fakultas Hukum UNIMAL

PROF. DR. I NYOMAN NURJAYA, S.H., M.H. BERI KULIAH TAMU BERTEMA PENGELOLAAN SUMBERDAYA ALAM

Sabtu, 08 September 2018, bertempat di Gedung Cut Meutia, Kampus Bukit Indah, Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh (Unimal) menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu dengan narasumber Prof. Dr. I Nyoman Nurjaya, S.H., M.H., Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (UB) Malang, bagi mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Hukum. Kegiatan yang bertema “Pengelolaan Sumberdaya Alam Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Hukum Adat,” dihadiri oleh Dekan Fakultas Hukum Prof. Dr. Jamaluddin, S.H. M.Hum, Ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum Dr. Sulaiman, S.H., M.Hum, para dosen Fakultas Hukum serta mahasiswa program magister dan sarjana Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh.

Dalam paparannya, Prof. Dr. I Nyoman Nurjaya, S.H., M.H., menyampaikan, “…. Indonesia kaya dengan modal sumberdaya alam, modal sosial budaya dan spiritual, namun terdapat masalah dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya alam dan lingkungan hidup yang cenderung mengabaikan prinsip-prinsip kehati-hatian, keadilan, demokrasi dan berkelanjutan. Selain itu juga mengabaikan prinsip transparansi dalam kebijakan dan prinsip pelibatan masyarakat dan kearifan lokal dalam pengelolaan sumberdaya alam”.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Hukum Prof. Dr. Jamaluddin, S.H., M.Hum  menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kehadiran Prof. Dr. I Nyoman Nurjaya, S.H., M.H., untuk memberi kuliah tamu di Program Studi Magister Ilmu Hukum sebagai bagian dari realisasi Memorandum of Agreement (MoA) antara Program Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh dengan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang, serta upaya Fakultas Hukum melalui Program Studi Magister Ilmu Hukum untuk mendorong daya fikir kritis di kalangan mahasiswa khususnya.

Kegiatan kuliah tamu yang dipandu oleh Dr. T. Nazaruddin, S.H., M.Hum., dilanjutkan dengan dialog yang mendapatkan tanggapan yang sangat antusias oleh mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Hukum. Usai shalat Dhuhur dan makan siang kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dosen bertema “Politik Hukum dan Metodologi Penelitian Hukum” yang dilangsungkan di ruang VIP, Gedung Cut Meutia, Bukit Indah Lhokseumawe. (TN/NA/MJ)