Update Informasi Terkini Fakultas Hukum UNIMAL

FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS MALIKUSSALEH MELAKSANAKAN KEGIATAN PELATIHAN PENGUATAN KAPASITAS BAGI TENAGA KEPENDIDIKAN

Bukit Indah, 16/04/2018, Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan penguatan kapasitas bagi tenaga kependidikan dalam rangka pencapaian kinerja dan penguatan kapasitas institusi. Kegiatan berlangsung selama 2 (dua) hari tanggal 16 & 17 April 2018.

Koordinator pelaksana kegiatan Rosmanita, S.H., yang juga merupakan Kepala Tata Usaha didampingi oleh Nanda Amalia, S.H., M.Hum., – Pembantu Dekan Bidang Adm. Umum dan Keuangan pada Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh menyampaikan kepada tim redaksi  bahwa penyelenggaran kegiatan ini sudah direncanakan sejak lama dalam upaya pemenuhan komitmen institusi dan pimpinan Fakultas Hukum terhadap penguatan kapasitas staff dalam berbagai aspek kinerja.

[widgetkit id=40]

Pelaksanaan kegiatan diselenggarakan dalam bentuk workshop yang memodifikasi kegiatan penyampaian materi dari narasumber yang diundang secara khusus dilanjutkan dengan sessi kerja mandiri maupun kerja kelompok dari masing-masing peserta. Pada hari pertama kegiatan, tanggal 16 April 2018 Dr. Mukhlis, S.H., M.H., menyampaikan materi-materi terkait dengan Permenristekdikti Nomor 51/2014 Tentang Tata Naskah Dinas. Secara umum dengan melihat secara langsung beragam produk naskah dinas yang sudah ada di lingkungan Fakultas Hukum, dinilai oleh narasumber telah memenuhi ketentuan dasar sebagaimana yang diatur dalam Permenristekdi dimaksud, namun masih diperlukan penguatan bagi staf-staf yang selama ini memiliki tugas untuk menyusun naskah tata dinas dimaksud. Penilaian positif turut beliau sampaikan, bahwa agenda pelatihan ini juga diperluas dan diperkuat untuk staf lainnya yang walaupun secara fungsional tidak memiliki tupoksi langsung dalam menyusun naskah dinas namun antusiasme yang tinggi terlihat dari masing-masing peserta.

Lebih lanjut, pada sessi hari kedua para peserta dilatih untuk menyusun Peta Proses Bisnis khususnya pada layanan akademik, administrasi umum dan keuangan. Sebagaimana pelatihan penyusunan naskah tata dinas, kegiatan pada hari kedua juga diselenggarakan workshop dengan praktik secara langsung pembuatan Peta Proses Bisnis dengan menggunakan aplikasi Bizagi Modeller. Masing-masing peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerjanya dan mendapatkan review dari narasumber, unsur pimpinan fakultas serta peserta lainnya.

Menutup rangkaian kegiatan pelatihan ini, Pembantu Dekan Bidang Administrasi Umum dan Keuangan (Ibu Nanda Amalia, S.H., M.Hum) menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya, bagi keseluruhan tenaga kependidikan pada Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh atas antusiasme yang telah ditunjukkan dari segi kedisiplinan mengikuti keseluruhan rangkaian kegiatan maupun dalam pencapaian outcome yang ditargetkan. Besar harapan bahwa kegiatan ini bisa memberikan manfaat khususnya secara personal bagi masing-masing tenaga kependidikan sehingga dapat memperluas cakrawala berfikir, bersikap dan bertindak sehingga secara langsung akan memberikan dampak bagi perkembangan institusi. *** (MJ/R) ***