Update Informasi Terkini Fakultas Hukum UNIMAL

Diskusi Publik: Siapa itu Pengungsi dan Mengapa Mereka Mengungsi?

Diskusi Publik: Siapa itu Pengungsi dan Mengapa Mereka Mengungsi?

Kota Juang, 30 Oktober 2023 - Pemerintah Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, bersama dengan Refugee Centre Fakultas Hukum Universitas Malikusaleh (FH Unimal), United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) Perwakilan Indonesia, International Organization for Migration (IOM), Yayasan Kemanusiaan Masyarakat Islam (YKMI), dan Jesuit Refugee Service (JRS) Indonesia, mengadakan Diskusi Publik bertajuk "Siapa itu Pengungsi dan Mengapa Mereka Mengungsi?".

Acara ini merupakan upaya kolaboratif dari berbagai pihak untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang isu pengungsi, hukum, dan perlindungan internasional. Diskusi ini diadakan pada tanggal 30 Oktober 2023 di Aula Kecamatan Kota Juang dan dihadiri oleh 23 Keuchik, perwakilan Tuha Peut Gampong, dan Unsur Muspika.

Narasumber utama pada acara ini adalah Dr. Malahayati dari Refugee Centre FH Unimal, yang menyampaikan materi dengan judul "Hukum dan Perlindungan Pengungsi Internasional," dan Faisal Rahman dari Perwakilan UNHCR Indonesia, yang membahas isu "Siapa itu Pengungsi Rohingya?"

Camat Kota Juang, dalam pernyataannya, mengungkapkan, "Kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat kita tentang perjuangan dan kondisi pengungsi. Semua komponen masyarakat harus terlibat dalam upaya memberikan bantuan dan perlindungan kepada mereka yang membutuhkan. Ini adalah tanggung jawab bersama kita."

Dr. Malahayati dari FH Unimal menekankan, "Perlindungan terhadap pengungsi adalah prinsip kemanusiaan yang harus kita junjung tinggi. Melalui pengetahuan yang kita peroleh dalam diskusi ini, kita dapat lebih memahami bagaimana hukum internasional melindungi hak-hak pengungsi."

Faisal Rahman dari UNHCR Indonesia menyatakan, "Pengungsi Rohingya adalah salah satu isu yang sangat kompleks dan mendesak. Melalui diskusi ini, kami berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang siapa mereka dan mengapa mereka mengungsi, serta bagaimana kita semua bisa membantu."

Hendra Saputra dari JRS Indonesia, selaku pelaksana kegiatan, menjelaskan, "Kami merasa terhormat dapat menjadi bagian dari inisiatif ini. Kami berharap acara ini dapat menjadi langkah awal dalam membuka wawasan dan memotivasi tindakan konkret untuk mendukung pengungsi."

Acara ini menciptakan platform yang sangat berharga untuk mendiskusikan isu pengungsi, mempromosikan pemahaman, serta memperkuat kolaborasi antara berbagai pihak yang peduli terhadap hak dan perlindungan pengungsi di Indonesia. Diskusi Publik ini adalah langkah positif dalam menjembatani pemahaman dan tindakan konkrit untuk mendukung mereka yang mengungsi dan membutuhkan perlindungan.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Refugee Centre
Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh
Dr. Malahayati
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.