Update Informasi Terkini Fakultas Hukum UNIMAL

Sosialisasi Kurikulum Baru Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM)

Bukit Indah 16 September 2020, Berdasarkan Permendikbud No. 3 tahun 2020 tentang standar nasional pendidikan tinggi, salah satu kebijakan terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah hak mahasiswa untuk belajar tiga semester di luar program studi.

Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh (Unimal) merespon kebijakan MBKM dengan memberikan kebijakan penguatan keunggulan dari setiap program studi melalui dukungan untuk perancangan dan rencana implementasi kurikulum MBKM.

Tujuannya adalah agar setiap mahasiswa Fakultas Hukum Unimal dapat melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif sehingga mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran secara optimal.

Mahasiswa juga diberikan Hak memilih belajar di luar program studi selama 3 (tiga) semester  yaitu semester 5 dan 7 di luar Perguruan Tinggi (PT) dan semester 6 di luar prodi  dalam PT.

Ketua Prodi Hukum Fakultas Hukum Unimal, Dr. Ramziati S.H,M.Hum. mengatakan bahwa Kurikulum  MBKM ini dapat mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja”Ucapnya.kurikulum

Sebagai salah satu bagian dari rangkaian kegiatan program pengembangan kurikulum MBKM, Fakultas Hukum sudah menyelenggarakan beberapa agenda bimbingan teknis mengenai kurikulum MBKM.

Bimbingan teknis di lakukan bukan hanya pada dosen tetapi juga kepada mahasiswa Prodi Hukum Fakultas Hukum Unimal diantaranya kegiatan yang sudah dilakukan:

  1. Workshop dan Sosialisasi  MBKM Untuk Dosen Dan Stakeholder, dengan Pembicara Dr. Aman Yaman bersama Unsur Pimpinan Fakultas Hukum Secara Virtual Di Ruang Rapat FH Dan Dosen Melalui daring via Aplikasi Zoom.
  2. Sosialisasi MBKM Kepada Mahasiswa yang diwakili oleh perwakilan pengurus Organisasi mahasiswa Fakultas Hukum di Ruang Video Conference pada (16/9)
  3. Pelatihan E-Learning Kepada Dosen Prodi Hukum Dengan Pelatih Arif Rahman, S.H.,M.H Pada (30/9)
  4.  Pembekalan Dan Pelatihan Teknis Pengusulan Judul Tugas Akhir  Melalui Online (Link) yang disampaikan oleh Sekretaris Prodi Joelman Subaidi, S.H.,M.H.

Mulai tanggal 1 Oktober 2020 Pengelolaan Tugas Akhir (TA) menjadi tugas Program Studi Hukum. Maka untuk judul proposal TA, seminar proposal TA, dan sidang TA diusulkan melalui link yang sudah di tetapkan demi pencegahan penyebaran covid 19.

Dalam program kurikulum MBKM tersebut terdapat beberapa hal yang ditargetkan, yaitu kurikulum yang mengarah kepada kerjasama antara perguruan tinggi dengan industri, kerjasama antar prodi dalam satu perguruan tinggi, kerjasama Prodi yang sama dengan beda perguruan tinggi.

Selain itu, tujuan Bimbingan Teknis ini adalah untuk semakin memperkuat manajemen FH Unimal dalam pengembangan kurikulum MBKM