Update Informasi Terkini Fakultas Hukum UNIMAL

Buka Program Doktoral, UNIMAL Kerjasama dengan UNDIP

HUMAS- Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, Prof Dr Apridar bersama Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Prof Dr Yos Johan Utama, Senin (14/12/2015) menandatangani perjanjian kerjasama pembukaan program doktoral di Jakarta. Ada pun program doktoral yang dibuka untuk tahap awal yaitu program doktor Administrasi Publik, Ekonomi, dan Ilmu Hukum. Sedangkan tahap lanjutan akan dibuka program doktoral Ilmu Komunikasi dan Teknik Sipil. Rektor Unimal Prof Apridar menyebutkan Undip akan berkontribusi sebagai tenaga pengajar di program doktoral tersebut. Dosen Undip akan melengkapi dosen Unimal yang mengajar di program doktoral tersebut. “Saat ini, sebagian dosen sudah profesor dan doktoral. Namun, jumlahnya masih terbatas, sehingga kita bekerjasama dengan Undip untuk tambahan tenaga pengajar,” sebut Prof Apridar. Selain itu, Undip sambung Prof Apridar juga akan membantu pengembangan Fakultas Kedokteran Unimal. Saat ini, Fakultas Kedokteran Undip salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia.

“Kerjasama lainnya dengan Undip yaitu bidang pengabdian masyarakat, riset dan pertukaran mahasiswa dan dosen bersama. Ke depan, dosen Undip dan Unimal akan melakukan riset bersama di berbagai bidang ilmu,” ujarnya. Tahun ini, sambung Prof Apridar pihaknya memperbanyak kerjasama dibidang riset, sesuai kebijakan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Diharapkan, riset dosen tersebut inovatif dan bisa membantu pembangunan Indonesia umumnya dan Aceh khususnya.

“Hasil riset yang diharapkan adalah yang bisa diaplikasikan di tengah masyarakat. Ini juga sebagai bentuk bahwa kita siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” pungkasnya. Sekadar diketahui, tahun ini, Unimal sudah bekerjasama dengan Chung Hua University Taiwan, Marbugh University dan United Nation University Jerman, dan University Kebangsaan Malaysia.  [DIM]