Update Informasi Terkini Fakultas Hukum UNIMAL

Akademisi FH Unimal Bina Karakter Anak di LPKA Banda Aceh

Akademisi FH Unimal Bina Karakter Anak di LPKA Banda Aceh

BANDA ACEH – Dosen Universitas Malikussaleh (Unimal), Rabu (11/10) melakukan pembinaan dan sosialisasi nilai-nilai moral dalam penguatan karakter anak didik Pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh.  Acara yang dibuka oleh Kasie Pembinaan tersebut dihadiri sebanyak 43 orang anak didik dan staf lembaga pembinaan khusus anak.

Ketua Tim Pengabdian, Dr. Nurarafah, S.H, M.Hum mengatakan, kegiatan itu merupakan bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi yang wajib diselenggarakan  oleh seluruh dosen di ruang lingkup Universitas Malikussaleh.

“Kegiatan ini penting dilakukan, karena anak-anak didik pemasyarakatan  perlu dipersiapkan  mental dan batinnya, agar siap ketika akan kembali ke masyarakat,” ujarnya.

Tim pengabdian masyarakat dari Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, antara lain, Muhammad Hatta SH LLM Ph.D,  Zulfan SH MHum dan Husni SH MH.

Nurarafah mengatakan bahwa pemilihan tema ini sangat penting dan berkaitan erat dengan bagaimana mempersiapkan anak-anak nanti ketika mereka kembali ke tengah-tengah masyarakat.

Hal ini dirasakan perlu untuk mengadakan mentoring dan rule model agar anak- anak mampu memahami perilaku yang benar dan perilaku yang salah, selain menanamkan nilai-nilai moral juga mengembangkan empati terhadap orang lain. 

Nurarafah berharap, setelah menjalani masa  hukuman anak-anak akan siap kembali ke masyarakat dan telah memiliki akhlak dan memiliki budi pekerti yang baik sehingga mereka dapat memperkuat karakter mereka menjadi  pribadi yang lebih baik dan mewujudkan  generasi yang memiliki integritas dan nilai- nilai moral yang tinggi.

[Daiman Abada]